10 September 2013

Manfaatin WAKTU mu secara optimal ?!

Pernah gak sih kamu punya temen yang serba bisa dalam segala hal? Di masa-masa kuliah, kami punya temen yang pinter banget, IPKnya nyaris sempurna, aktif jadi ketua organisasi kampus, jago maen bola, maen game-nya susah dikalahin, punya banyak gebetan, dan bisa jadi dia juga rajin menabung dan tidak sombong. Pokoknya tipikal dambaan setiap calon ibu mertua deh!

Nah biasanya seenggaknya kita bakal nemuin orang ajaib kayak gini dalam hidup kita. Tapi sebenernya, apa sih yang bikin orang-orang kayak gitu bisa mengerjakan begitu banyak hal? Sementara kita buat bikin PR Matematika aja males buanget, uring-uringan dan ujung-ujungnya malah nyalin jawaban temen pas istirahat.

Kami mau sharing sedikit pengetahuan kami tentang gimana sih caranya manfaatin waktu secara optimal. Moga-moga bisa bermanfaat buat kalian, this gonna take quite long, so brace yourself !
Oke, kalo kita bicara soal waktu, bisa jadi itu adalah hal yang paling mewah dan paling mahal yang kita punya selama hidup. Dengan waktu yang kita punya kita bisa gunain buat ngelakuin semua hal dalam hidup seperti maen, pacaran, baca buku, nonton film, belajar,  kerja, cari duit, dan lain-lain, dan sebagainya..

Nah untungnya, selama kita semua masih tinggal di planet bumi ini,  kita semua punya waktu 24 jam sehari dan 7 hari seminggu buat melakukan aktivitas kita - gak kurang dan gak lebih buat semua orang.. Nah, tapi sialnya nih waktu kita tuh terbatas sementara hal-hal yang kita pengen lakuin gak terbatas. Jadi kita gak akan pernah punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita pengen. Nah lho gimana tuh..!

Tapi terlepas dari keterbatasan waktu yang kita punya, ada aja nih orang-orang yang jago banget manfaatin waktu yang mereka punya sehingga bisa meraih begitu banyak prestasi di usia yang sangat muda, sementara ada orang yang terlalu banyak ngabisin waktu buat hal-hal gak penting.. Nah, sejauh ini kamu termasuk yang mana hayo??!

Okehh, sekarang kita akan coba bahas hal ini dengan ambil contoh yang familiar dalam kehidupan pelajar kayak kalian deh, coba sekarang apa sih yang bikin sebagian besar dari kita males buat belajar ?? Dari sekian banyak masalah, kita ambil dua aja yang bisa jadi paling sering kami alami :

1. Kebiasaan Nunda
Nah ini dia nih penyakit kronis yang sering banget muncul dan menghantui umat manusia sepanjang jaman.. Kebiasaan nunda ! Nunda belajar lah, nunda ngerjain tugas lah, nunda bikin PR lah.. Bahkan yang lebih parah, diantara kita bahkan memilih untuk bersikap pasif dan nunggu buat disuruh, baik sama orang laen, maupun nunggu disuruh sama keadaan. TAPI anehnya kok kalo maen game, baca komik, pacaran, gak pernah ditunda-tunda dan gak pernah nunggu disuruh yah?? Hahaha..

2. Ga fokus Waktu Ngejalaninnya
Nah, masalah berikutnya yang biasa kita temui setelah kita udah bisa niatin diri kita buat belajar  adalah gak fokus/gak konsen dalam ngejalaninnya. Zaman sekarang buanyak banget yang bisa ngalihin fokus kita dalam ngerjain segala sesuatu, dari mulai facebook, twitter, bbm, whatsapp, youtube, game, komik, dan lain-lain, dan sebagainya.. Jadinya, waktu yang kita udah luangkan buat hal-hal bermanfaat, terkikis juga buat hal-hal yang gak terlalu penting dan cenderung keterusan. Hal ini juga nih yang biasanya bikin kita gak bisa manfaatin waktu secara optimal.

Nah kok bisa sih 2 penyakit ini muncul terus dan gimana cara ngatasinnya? Now, if I may.. kita mau share dikit pengetahuan kita dan juga trick-trick yang kami pikir mungkin bisa kamu lakuin yang bisa jadi bermanfaat buat kamu.

Ok pertama, apa sih yang sebenernya bikin kita males, gak niat, suka nunda, nunggu disuruh, dan gak fokus? Basically dari pengamatan kami, yang nyebabin semua itu karena sebenernya kita gak tau apa manfaat yang akan kita dapetin kalo kita ngerjain semua itu.. Kita gak bikin goal atau tujuan yang sebenernya kita pengen capai. Jadinya ibarat maju tanpa arah dan cuma ngikutin arus doank. Jadinya ya kita gak bakal termotivasi buat ngelakuin itu.

Coba bayangin deh 15 tahun lagi kira-kira kalo ada wartawan yang bakal nulis tentang kisah sukses kamu, kamu kepengen mereka nulis tentang apa ? Apakah kamu sebagai seorang pemaen bola? artis dangdut? ato scientists ? Ini keliatannya sepele tapi sebenernya penting banget menurut kami. Karena selama kita gak tau apa yang pengen kita lakuin ke depannya, gimana kita bisa ngerti seberapa penting yang kita lakuin sekarang buat mencapai itu semua.

Nah sekarang kalo kamu belum ngerti apa yang kamu pengen lakuin ke depannya, berarti tugas kamu adalah buat nyari tau tentang hal itu. Kalo kamu udah tau, berarti tugas berikutnya adalah membuat perencanaan step by step gimana supaya hal itu tercapai ! Untuk bikin perencanaan yang efektif, kita harus balik lagi ke statement kami di atas, bahwa gak mungkin kita punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita pengen. Makanya kita perlu tau yang namanya prioritas! Nah, dalam pengambilan keputusan sehari-hari biasanya kita dihadapkan pada 4 kategori situasi :
1. PENTING MENDESAK
2. PENTING TIDAK MENDESAK
3. TIDAK PENTING MENDESAK
4. TIDAK PENTING TIDAK MENDESAK
Nah sebelum kita dalemin satu per satu kategori di atas, ada baiknya kita menyepakati definisi dari "penting" dan "mendesak", Oke? Definisi yang kami rumuskan untuk pembahasan kita kali ini adalah:
Penting : Semua kegiatan yang relevan/sejalan dengan visi hidup, obsesi, cita-cita, atau apapun yang jadi tujuan jangka panjang kamu.

Mendesak : Semua kegiatan yang kalo gak kamu lakukan dengan segera, kamu ga' akan dapet kesempatan lain untuk melakukan hal itu lagi.
1. Penting dan Mendesak, sesuatu yang tidak terduga terjadi di luar perencanaan. Contohnya : rumah dan segala harta benda lu kebakaran, kamu ngejar deadline penting mendadak yang relevan dgn cita-cita kamu, dan lain-lain.
2. Penting dan Tidak Mendesak, Nah ini dia hal-hal penting jadi ngedukung cita-cita, visi hidup, dan obsesi kamu. Contohnya : Baca buku-buku berkualitas, olahraga teratur, belajar banyak hal, bangun koneksi, dan lain-lain.
3. Tidak penting dan Mendesak, contohnya : angkat telepon, angkat jemuran waktu ujan, buka pintu kalo ada yang ngetok, ngintip rok cewek, dan lain-lain.
4. Tidak penting dan tidak mendesak, contohnya : mandi, gosok gigi, nyabutin rumput tetangga, nimba sumur, dan lain-lain.

Please ignore kategori 3 dan 4 dan coba kita fokus pada nomer 1 dan 2. Nah, sebisa mungkin segala hal yang penting itu kita arahkan jadi situasi kategori 2, sehingga segala sesuatu yang penting jadi tidak mendesak. Artinya, segala sesuatu yang penting akan terjadi sesuai dengan perencanaan dan persiapan kita.

Nah dalam membuat perencanaan, kamu gak perlu bikin semuanya strict terhadap waktu, jadi seolah-olah rencana tahunan, bulanan, mingguan, bahkan harian kalian... itu semua strict demi mencapai cita-cita luhur kalian itu. Gak perlu sampe gitu juga kali.. :D

Yang penting dalam membuat rencana itu kamu buat aja dengan porsi yang wajar dan realistis, bikin step by step contohnya misalnya kamu mau jadi ahli fisika teori seperti Michio Kaku atau Brian Greene yang mencoba mengungkap misteri hukum fisika dasar yang menggerakan seluruh alam semesta. Ya berarti misi step by step yang harus dijalanin itu fokus gimana caranya jadi ahli fisika teori. Belajar fisika yang rajin, sering baca-baca jurnal sains, diskusi sama guru fisika kamu,  kejar jurusan fisika murni di universitas keren, kejar beasiswa buat S2 & S3 di bidang theoretical physics, dst.. Hal yang sama juga berlaku kalo kamu mau jadi pemaen bola atau penyanyi dangdut!

Nah kuncinya yang nomer satu selama kamu jalanin rencana step by step ini adalah KEDISIPLINAN. Disiplin itu penting banget ! Menurut Jim Collins dalam Great by Choice, kunci kenapa perusahaan-perusahaan raksasa itu bisa tetap bertahan dan berkembang bukan karena mereka lebih kreatif, bukan karena lebih inovatif, bukan juga karena lebih termotivasi, tapi karena DISIPLIN!

Disiplin yang kami maksud itu bukan berarti segalanya harus tepat waktu, tapi inti dari kedisiplinan itu: kamu konsisten dalam ngerjain segala sesuatu sesuai dengan goal atau obsesi yang mau kamu capai. Dengan kita konsisten sama diri kita sendiri, maka dengan sendirinya kamu lebih rela untuk mensiasati dan mengorbankan semua distraction, gangguan, dan hal-hal gak penting dalam mencapai tujuan kamu. Dan itulah sebenernya prinsip dari time management, kunci gimana kita bisa manfaatin waktu yang terbatas secara optimal.

Nah berikut ini beberapa trick dari kami share gimana langkah-langkah realistis yang kalian bisa ambil dalam waktu dekat supaya kamu bisa gunain waktu kamu dengan optimal :
  • Berani Proaktif ! Artinya kamu harus bisa menentukan setiap tindakan kamu secara independen, jangan mau disetir sama lingkungan, sama temen, atau siapapun. Berani katakan tidak untuk hal-hal yang menurut kamu gak penting sementara kamu punya hal penting lain yang lebih relevan dengan goal dan obsesi kamu.
  • Siasati distraction/gangguan yang emang berpotensi buat lu ilang fokus. Contohnya dulu kita pernah bertekad ngabisin 2 buku yang selama ini pengen kita baca dalam 3 hari doank, dan untuk merealisasikan itu kami bener-bener matiin hape dan internet dalam 3 hari ! Hal yang sama juga bisa berlaku kalo kamu namatin game :P
  • Bantu stimulus otak kamu buat selalu in the mood, ini bisa kamu siasati dengan merubah posisi kamar, pasang tulisan-tulisan penyemangat di desktop atau hp, dan bisa juga dengan atur musik yang kamu denger.. Jangan dengerin lagu-lagu patah hati yang selalu bikin kamu inget mantan ! Contohnya kalo kita ngerjain skripsi atau lagi ngerjain sesuatu yang butuh fokus tinggi. Kami selalu muter soundtrack Final Battle Game Mass Effect 2 yang super dramatis dan membangkitkan semangat.. and it works for me !
  • Buat schedule plan ! Nih sekarang tuh buanyaak banget aplikasi yang bisa kamu pake di handphone, tablet, laptop, atau PC buat bantu kamu mendisiplinkan diri terhadap jadwal. Ada yang namanya google calendar, evernote, trello, asana, whatever.. Kami pribadi gunain evernote buat bantu kita buat produktif dan disiplin dalam kerja, berorganisasi, maupun bisnis pribadi kami.
  • Tentuin mana prioritas dalam schedule ! Jangan harap 100% yang lu tulis dalam schedule itu akan jadi kenyataan. Pasti ada-ada aja deh dari sekian banyak hal yang udah kita rencanain itu yang ga akan berjalan sesuai rencana semula.. dan itu emang wajar kok ! unpredictable things can be happens anytime, anywhere ! Terus gimana donk ? Nah ini dia saatnya buat kamu tentuin kegiatan apa yang perlu kamu prioritaskan dan penting untuk mencapai apa yang bener-bener kamu inginkan. Misalnya dari sekian banyak hal yang kamu kerjakan, kamu bisa bikin kategori mana yang penting (sejalan sama obsesi kamu) dan mana yang gak sejalan. Udah gitu kamu bisa eliminasi kegiatan yang udah gak sejalan sama visi jangka panjang kamu. Jadinya, apapun yang terjadi, buatlah keputusan yang didasarkan pada kepentingan jangka panjang kamu.
So kami coba rangkum dikit yah dari apa yang kita tulis tentang cara manfaatin waktu secara optimal, pertama kamu harus tentuin dulu apa yang sebenernya jadi obsesi dan visi hidup kamu ke depan. Baru setelah itu, kamu buat perencanaan misi-misi step by step yang realistis supaya kamu mencapai itu. Disiplin dan konsisten sama apa yang kamu percaya dan yang jadi obsesi kamu sendiri. Buat jadwal dan tentukan prioritas !
Naah.. dengan kamu coba ngelakuin semua itu, moga-moga kamu bisa ngegunain waktu kamu yang terbatas ini secara lebih optimal, Okehh ??
Previous Post
Next Post