27 Agustus 2013

Trik Mengatasi Google Chrome Mogok



Pernahkah Anda mengalami, lagi seru-serunya googling pakai browser Google Chrome, tiba-tiba Google Chromenya crash alias mogok. Tentu amat menjengkelkan dan bikin eteb (bete), bukan? Yahh, padahal menurut para netter, Google Chrome adalah browser yang dikenal kinerjanya paling baik saat ini.

Namun tak perlu khawatir, bagi para pengguna Windows 7 atau Windows 8, jika mengalami masalah seperti di atas. Trik pertama yang harus kita lakukan adalah menghapus file ‘Local State’. Perlu diketahui, file ‘Local State’ ini menyimpan beberapa costum setting. Nah, untuk menghapus file ‘Local State’, caranya adalah sebagai berikut.

Pertama, tutuplah dahulu browser Google Chrome. Kemudian bukalah Windows Explorer. Lalu, di dalam address bar (tempat mengetikkan alamat web) ketikkan:
USERPROFILE\AppData\Local\Google\Chrome\User Data

Di sini kita akan menjumpai file ‘Local State’, lalu hapuslah file ini. Setelah itu, coba buka kembali browser Google Chrome dan lihat apakah masalah tersebut dapat teratasi.

Jika langkah di atas masih belum mampu mengatasi ngadatnya Google Chrome, berikut ini trik kedua untuk mengatasinya. Caranya, ubahlah nama Folder Default yang mana folder ini berisi: history, bookmark, ekstensi google, jumplist ikon dan lain-lain, siapa tahu di sinilah sumber permasalahan mogoknya Google Chrome.

Untuk mengganti nama folder default, langkah-langkahnya sebagai berikut: Pertama tutup dahulu browser Google Chrome. Selanjutnya, buka Windows Explorer. Lalu, di dalam address bar ketikkan:
USERPROFILE\AppData\Local\Google\Chrome\User Data

Di sini kita akan menemukan folder ‘default’, maka ganti namanya menjadi ‘default.bak’. Nah, coba kita buka kembali browser Google Chrome dan lihat apakah masalah di atas dapat teratasi.

Jika ternyata masih juga tidak teratasi, trik ketiga ini perlu dicoba. Caranya adalah, coba periksa ‘Ekstensi Flash’ untuk Google Chrome, bisa jadi Ekstensi Flash ini yang menyebabkan Google Chrome menjadi crash atau ngadat. Caranya yaitu, pertama Buka Google Chrome. Selanjutnya, di dalam address bar ketikkan perintah: about:plugins. Lalu, cari kata ‘Flash’ dan klik ‘Disable’.

Berikutnya, restart Google Chrome dan lihat apakah masalah dapat teratasi? Kalau masalah dapat teratasi, kita harus reinstal program flash di ‘Programs and Features’. Namun jika ketiga trik tersebut di atas masih tidak mempan juga, jalan terakhir yang bisa kita tempuh adalah menginstal ulang Google Chrome. Caranya yaitu, buka ‘Programs and Features’ dan uninstal-lah Google Chrome. Berikutnya, bukalah Windows Eksplorer dan buka USERPROFILE\AppData\Local\. Setelah itu, hapus folder ‘Google’. Dan terakhir, download dan instal lagi Google Chrome.

Semoga salah satu trik di atas bisa mengatasi permasalahan mogoknya browser Google Chrome kita.

(ari, Netter)

Previous Post
Next Post