30 Juli 2013

Ikatan Emosi

Ikatan emosi atau dalam bahasa psikologi sering disebut sebagai emotional bounding adalah suatu kondisi dimana seseorang secara tidak sadar dapat merasakan apa yang terjadi dengan orang terdekatnya. Dalam bahasa sehari-harinya mungkin dapat dikatakan sebagai firasat.Ikatan emosi hanya dapat tercipta manakala di dunia real kedua orang tersebut memang mempunyai kedekatan secara emosi baik sebagai sahabat, kekasih, orang tua terhadap anaknya maupun sebaliknya, bahkan ikatan emosi dapat terjadi antara seseorang dengan hewan peliharaannya.

Pernahkah anda merasa ada orang-orang tertentu dalam hidup anda yang tanpa anda bicara pun dia dapat memahami perasaan anda?ya, bisa jadi itu merupakan salah satu bentuk dari adanya ikatan emosi. Ikatan emosi ibarat sebuah jembatan penghubung antara perasaan seseorang dengan orang lain. Tatapan mata, ekspresi wajah tanpa bicara pun sebenarnya sudah mengkomunikasikan banyak hal. Mungkin benar pepatah yang mengatakan jauh dimata dekat di hati. Tidak selamanya orang yang berada didekat kita memiliki ikatan emosi yang kuat dengan kita. Dekat secara fisik bisa saja, tapi dekat secara emosi itu berbeda. Penulis pernah bertemu dengan seorang teman, teman penulis tersebut bersahabat baik dengan seorang wanita yang agak temperamen. Penulis bertanya padanya, kenapa mau menjadi sahabat dari orang itu?lalu dengan senyum simpul dia menjawab, kenapa tidak?dia sebenarnya baik, bahkan sangat baik tapi tidak semua orang tau, dan mungkin tidak harus semua orang tau. Dari situlah penulis melihat betapa teman penulis tersebut sangat memahami karakter sahabatnya. Ya, orang yang punya ikatan emosi kuat akan mudah untuk saling memahami karakter masing-masing tanpa keberatan sedikit pun dengan kekurangan-kekurangan yang dimiliki orang terdekatnya. Jika hari ini orang yang mengaku dekat dengan mu masih menyakiti mu karena menuntut mu untuk berubah seperti apa yang dia mau, maka kedekatan tersebut haruslah menjadi sebuah pertanyaan.

Karena penulis yakin, tiap dari kita pasti memiliki orang yang istimewa di hati. Seseorang yang keberadaannya sangat mempengaruhi kehidupan kita. Seseorang yang bila dia sedih maka kita pun dengan sendirinya akan sedih. Seseorang yang bila dia pergi dari dunia kita maka dunia kita akan goyah, seperti bumi tanpa matahari. Merekalah orang-orang yang harus kita jaga senyumnya, orang-orang yang berarti dalam hidup kita.
Previous Post
Next Post